10 Perangkat Keras Yang Berfungsi Menghubungkan Ke Internet


Dengan hadirnya Internet, membuat manusia menjadi lebih modern lagi. Hal ini bisa kita lihat dengan adanya kepraktisan yang dirasakan oleh manusia dalam menyelsaikan berbagai pekerjaan dengan menggunakan internet. Contohnya saja, mulai dari berkomunikasi, kegiatan belajar, mendapatkan informasi sampai kegiatan berbisnis yang bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Mungkin banyak yang mengira, bahwa hanya dengan menghubungkan modem ke komputer maka bisa menikmati internet sepuasnya. Namun ternyata, anggapan itu tidaklah salah. Tapi perlu kamu ketahui bahwa masih ada berbagai macam perangkat yang bisa digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke jaringan Internet.



Perangkat Keras Penghubung Akses Internet

Secara umumnya, hanya ada 2 perangkat saja yang kita butuhkan untuk bisa terhubung ke jaringan internet. Perangkat keras ini biasanya berbentuk fisik yang nyata dan juga bisa kita pegang, sedangkan perangkat lunak itu sendiri program atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menikmati fasilitas yang ada di Internet.

Dalam artikel ini saya akan memberikan artikel tentang perangkat keras yang bisa menghubungkan ke jaringan internet. Kira kira perangkat keras apa sajakah itu ? Nah, untuk mengetahui perangkat keras yang bisa terhubung ke internet, kalian bisa simak ulasan berikut ini :


1. Komputer
Komputer adalah perangkat yang sangat mendasar agar kita bisa terhubung dengan Internet. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa didalam komputer ini memiliki beberapa komponen yang sudah terpasang. Ketika kita mengakses internet menggunakan Komputer maka ada beberapa perangkat yang akan bekerja seperti, processor, RAM, Hardisk, dan juga VGA Card.
Standard komputer yang bisa digunakan untuk mengakses komputer adalah Pentium  III, yang memiliki RAM sebesar 512MB dan memiliki VGA Card minimal 512MB. Dan perlu kamu ingat, semakin besar spesifikasi yang ada pada komputer tersebut, maka semakin besar pula koneksi internet yang dihasilkan.


2. Laptop
Laptop memiliki kedudukan yang sama dengan komputer, yaitu menjadi perangkat utama yang disediakan untuk mengakses internet. Bedanya komputer dengan Laptop ini adalah ukurannya, laptop memiliki ukuran yang lebih minimalis dan bisa dibawa kemana mana. Sedangkan Kompter dirancang dengan perangkat yang masing masing terpisah dan tidak mungkin untuk dibawa kemana mana.


3. Handphone
Telpon genggam atau yang biasa kita sebut dengan handphone ini menjadi alat elektronik yang digunakan dalam bidang telekomunikasi. Dengan kata lain, handphone ini memiliki fungsi yang sama seperti telepon konvensional. 

Namun, dengan seiring berjalannya waktu handphone kini diciptakan sedemikian rupa agar bisa dibawa kemana mana tanpa harus dihubungkan dengan kabel. Selain itu juga, handphone masa kini sudah menggunakan wirelesss network.

Sampai saat ini, handphone sudah difasilitasi dengan fitur yang sangat canggih dan diberi nama menjadi smartphone atau ponsel pintar. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan Sistem Operasi sehingga memiliki kemampuan layaknya sebuah PC. Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh smartphone ini adalah internet connections yang mana bisa memudahkan penggunanya untuk mengakses internet.


4. Modem
Modem adalah hardware yang berfungsi untuk menghubungkan PC atau Laptop ke internet. Modem ini memiliki kepanjangan yakni modulator de modulator yang artinya memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang dikirimkan kepada pengguna melalui perangkat tertentu.

Berdasarkan jenisnya, modem ini memiliki dua jenis yakni modem eksternal dan juga modem internal. Modem internal ini sudah dipasang pada motherboard komputer sedangkan modem eksternal ini harus di colokan di USB layaknya sebuah flasdisk.


5. LAN Card
LAN CARD atau yang biasa disebut dengan NIC ini adalah sebuah perangkat keras yang bisa menghubungakn komputer ke internet dengan menggunakan kabel. LAN CARD ini biasanya sudah terpasang pada laptop dan juga PC dan memiliki jangkauan yang tidak luas seperti dalam satu gedung atau ruangan saja.

Perangkat ini bisa terhubung ke Internet menggunakan alamat MAC yang sudah disediakan. Dengan adanya perangkat ini, memungkinkan Komputer bisa saling bertukar data tanpa perlu menggunakan falshdisk.

6. WireLess Card
Wireless Card atau yang kita sebut dengan WLAN ini merupakan perangkat yang sudah terpasang pada motherboard dan bisa digunakan untuk mengakses internet dengan jaringan WiFi. WLAN ini biasanya sudah terpasang pada laptop keluaran lama atau keluaran baru, namun jika pada Komputer yang belum memiliki WLAN internal, kamu harus menambahkannya dengan menggunakan Wireless Eksternal.

7. Kabel Jaringan
Kabel jaringan adalah kabel yang dirancang khusus sebagai media transmisi data dalam sistem komputer. Kabel ini bisa menghubungkan beberapa komputer ke jaringan internet agar bisa menciptakan komunikasi antar komputer.
Ada beberapa jenis kabel jaringan yang perlu kalian semua ketahui, seperti kabel coaxial, kabel twisted pair, dan juga kabel fiber optic. Penggunaan kabel jaringan ini lebih efektif untuk menjangkau daerah terpencil untuk membangun sebuah jaringan.


8. Router
Router adalah perangkat keras yang mempunyai fungsi yang sama dengan bridge, dimana bisa menghubungkan dua jaringan atau lebih baik dalam satu jaringan yang sama atau berbeda. Selain bisa menghubungkan dua jaringan atau lebih, router ini juga bisa berfungsi sebagai pengirim data jaringan dari satu komputer ke komputer yang lain.


9. Switch / HUB
Switch adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi menghubungkan beberapa jaringan dengan alamat MAC yang dimiliki. Dalam pengertian yang luas, Switch ini berguna untuk menghubungkan beberapa komputer yang membutuhkan bandwith yang sangat besar. Namun, berbeda dengan HUB. Switch ini hanya mengirimkan paket data saja ke alamat komputer yang dituju, sedangkan HUB ini mengirimkan paket data ke semua komputer yang terhubung dengan perangkat tersebut.


10. Repeater
Sesuai dengan namanya, repeater adalah perangkat jaringan yang berguna untuk menerima sinyal dan kemudian disebarkan kembali dengan daya yang sangat besar. Artinya disini adalah perangkat ini sebagai penguat sinyal yang dikirim dengan sinyal asli dari router lainnya. Biasanya, alat ini digunakan untuk menjangkau jaringan yang sangat luas.

Nah, itulah beberapa perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan ke internet, tanpa alat alat diatas kita tidak bisa terhubung dengan Internet. Maka dari itu, kita harus mengenali satu per satu perangkat keras apa saja yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat lain ke internet.
Demikianlah artikel yang saya berikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "10 Perangkat Keras Yang Berfungsi Menghubungkan Ke Internet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel