Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Yang Suka Panas (Overhat)


Laptop adalah salah satu perangkat yang biasa digunakan untuk bekerja atau hanya untuk bermain game saja. Penggunaan laptop yang berlebihan juga ternyata tidak baik lho untuk laptop kamu, karena penggunaan laptop yang terlalu lama akan membuat laptop kamu cepat panas atau biasa disebut dengan over hat.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan laptop menjadi cepat panas, diantaranya adalah sebagai berikut :

Penyebab Laptop Panas 

1. Penggunaan Waktu yang Lama
Menggunakan laptop dengan waktu yang sangat lama akan membuat laptop menjadi cepat panas, hal ini dikarenakan mesin yang ada pada laptop itu akan terus bekerja sampai laptop tersebut dimatikan. Penggunaan laptop yang lama disini adalah seperti laptop yang tidak pernah dimatikan lebih dari sehari, hal ini ternyata bisa membuat laptop menjadi over hat.

2. Meletakkan Laptop Di Sembarang Tempat
Jika kamu sedang menggunakan laptop, perlu diperhatikan tempat kamu menggunakan laptop tersebut. Jangan kamu menggunakan laptop di atas kasur, karena angin yang ada di dalam laptop tidak bisa keluar dan bisa mengakibatkan panas pada laptop tersebut. Gunakanlah laptop di tempat yang memiliki alas yang keras, seperti di meja, di lantai, atau di kasur dengan beralaskan papan.

3. Kipas Laptop Tidak Berfungsi
Kipas laptop yang tidak berfungsi juga akan membuat laptop kamu menjadi panas, hal ini dikarenakan kipas pendingin yang difungsikan untuk laptop tidak berfungsi dengan baik, jadi laptop kamu akan mudah panas.

4. Thermal Paste yang Kering
Thermal Paste adalah Pasta yang ada pada bagian prosessor, biasanya pasta ini befungsi untuk mendinginkan suhu pada prosessor jika panas. Namun, jika pasta tersebut kering yang ada malah laptop kamu akan menjadi lebih panas. Maka lebih baik kamu bisa mengganti thermal paste yang baru.


Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Setelah kita membaca tentang penyebab laptop cepat panas, nah sekarang saya akan memberikan tips kepada kalian semua agar laptop yang kalian gunakan tidak mudah panas, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Atur Jadwal Pemakaian
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa penggnaan laptop dalam jangka waktu yang lama akan membuat laptop tersebut menjadi cepat panas. Apalagi jika kamu menggunakannya secara terus terusan, maka dari itulah kamu bisa mengatur jadwal pemakaian laptop kamu agar tidak mudah panas.

Alangkah baiknya, jika kamu menggunakan mode sleep pada laptop setiap 4 jam sekali, namun kamu harus berhati hati juga dalam menggunakan mode sleep, jangan sampai terlalu lama. Karena jika menggunakan mode sleep terlalu lama akan menimbulkan masalah baru pada laptop kalian. Kamu bisa menggunakan mode shutdown jika tidak menggunakannya kembali.

2. Menggunakan Software Utility
Walaupun kamu menggunakan software ini, jika suhu pada laptop panas tidak akan berpengaruh apa apa, namun dengan adanya software ini kamu bisa memantau suhu laptop jika terjadi over hat dan kamu bisa melakukan tindakan terlebih dahulu untuk mengatasinya, seperti mematikan laptop atau menggunakan mode sleep.

3. Meperhatikan Alas Laptop
Seperti yang kita bahas sebelumnya, pemakaian alas pada laptop juga perlu kamu perhatikan. Jangan menggunakan alas  yang bisa menyerap kalor seperti bantal, selimut, kasur, dan benda lainnya yang memiliki teksture empuk akan membuat laptop kamu menjadi lebih panas.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan alas yang solid, datar, dan juga keras seperti meja, triplek, buku besar dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi panas pada laptop yang kamu gunakan.

4. Hindari Komponen yang Di OverLock
Komponen pada laptop memang sangat jarang yang mendukung fitur overlock. Namun, jarang bukan berarti tidak ada, maka kamu bisa memeriksa konfigurasi yang ada di BIOS apakah ada komponen yang diatur melebihi clock bawaanya. Jika ingin aman, kamu bisa melakukan pengaturan bawaan atau default configuration pada BIOS di perangkatmu.

5. Instal Software yang Ringan
Aplikasi yang ada dilaptop kamu menjadi peran penting dalam kinerja laptopmu. Semakin besar resource yang dibutuhkan, maka semakin cepat pula laptop menjadi panas. Maka dari itu,kalian perlu memperhatikan system requirement sebelum kamu menginstal aplikasi pada laptop kamu. Jangan lupa untuk selalu mengecek spesifikasi laptop kamu, jika kurang dari minimum system requirement maka akan membuat laptop hang dan panas.

Contohnya saja, kamu akan menginstal software grafis atau game yang mengharuskan kamu menggunakan RAM minimal 4 GB, namun kamu menginstal aplikasi tersebut dengan RAM 1 atau 2 GB, alhasil laptop kamu akan mudah panas.

6. Mengefisienkan Penggunaan Software
Seperti yang kita bahas sebelumnya, laptop akan mudah panas jika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang memiliki resource yang tinggi, apalagi jika kurang dari RAM yang direkomendasikan pada aplikasi tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya jika kamu mengindari penggunaan banyak software dalam satu waktu, dan kamu bisa gunakan software yang dibutuhkan saja, seperti ketika kamu ingin bermain game, maka kamu harus menutup semua aplikasi dan kamu bisa menjalankan aplikasi game tersebut. Jika kamu menggunakan aplikasi secara effisien, maka semakin baik juga untuk laptop kamu.

7. Menggunakan Pendingin Eksternal
Menggunakan pendingin eksternal sebagai alas laptop memang sangat baik dan bisa membantu laptop kamu agar tidak mudah panas. Namun, ada beberpa yang menganggap bahwa menggunakan pendingin laptop eksternal ini kurang baik untuk laptop. Hal ini dikarenakan daya yang diambil dari sebuah pendingin kurang lebih 5 volt dan akan membuat port USB menjadi kelebihan beban.

8. Gunakan OS yang Ringan
Menggunakan OS yang ringan bisa membuat laptop kamu menjadi lebih ringan dan tidak mudah panas, misalnya saja disini laptop kamu memiliki RAM 1 sampai 2 GB saja, jadi kamu bisa menggunakan OS yang ringan seperti Windows XP atau Windows 7 32 BIT. Jika kamu menggunakan Windows 7 64 BIT yang ada kinerja laptop kamu tidak bagus dan membuat laptop sering hang.
Nah, di atas sudah saya jelaskan tentang penyebab laptop panas dan cara mengatasinya. Semoga dengan cara ini bisa membuat laptop kamu menjadi lebih terawat lagi ya.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Yang Suka Panas (Overhat)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel