Tips Membangun Usaha HotsPot Rumahan Dengan Modal Kecil Awal Tahun 2020


Salah satu peluang usaha yang bisa kalian lakukan dirumah adalah dengan membuat layanan Hotspot sendiri. Bisnis hotspot yang dimaksudkan disini adalah dengan menjual voucher internet baik itu harian, mingguan, atau bulanan. Bisnis ini hampir mirip dengan WiFi ID yang ada di Telkom / Indihome, dimana pelanggan harus memasukan username dan juga password terlebih dahulu agar bisa terhubung ke Internet.

Saat ini bisnis hotspot ini sudah tersebar luas di Indonesia, misalnya saja seperti di warung kopi, restoran, cafe, hotel dan masih banyak yang lainnya. Mereka menggunakan Internet atau Hotspot sebagai penunjang kenyamanan para pengunjung dan juga bisa digunakan sebagai trick untuk menarik pelanggan. 

Dalam membuat usaha hotspot ini, sebenarnya gampang gampang susah. Untuk mereka yang belum memiliki keahlian dalam menSetting hotspot tersebut mungkin akan kesulitan, namun jika sudah memiliki keahlian tersebut pasti sangat mudah untuk menjalankannya. 

Ada beberapa syarat yang bisa kalian lakukan sebelum membangun usaha hotspot ini, mulai dari alat hingga akses internet yang akan dijual belikan. Maka dari itu, alat sangat fleksibel yang artinya kamu bisa membeli alat sesuai dengan budget yang kamu miliki. Karena setiap alat mempunyai power dan jangkauan jarak Hotspot yang berbeda beda, dan pastinya harganya pun berbeda.

Pada artikel yang saya berikan kali ini, akan saya berikan beberapa alat untuk menunjang bisnis hotspot kamu dengan modal yang kecil. Alat alat yang harus di sediakan adalah :

Beberapa Alat Bisnis Hotspot Dengan Modal Kecil

Ada 5 alat yang bisa kalian beli atau dapatkan untuk membangun usaha hotspot ini :


1. Dua Modem Indihome Dari Telkom

Sebagai pelangan Telkom atau Indihome, pastinya kita hanya akan diberikan satu modem saja atau router. Namun, disini kita memerlukan 2 modem yang mana satu modem tersebut akan kita jadikan Access Point.


2. Mikrotik RB 750

Agar bisa menambahkan username dan password, kamu memerlkukan yang namanya Mikrotik. Kamu bisa menggunakan Mikrotik tibe RB 750 yang bisa kamu dapatkan di toko toko Komputer sekitar rumah kamu. Namun, jika tidak ada kamu bisa membelinya secara online melalui bukalapak, tokopedia, shopee dan yang lainnya.


3. Kabel LAN Dan RJ45

Apa sih Kabel Lan itu ? Kabel Lan ini adalah sebuah kabel jaringan yang bisa menghubungkan perangkat ke jaringan Internet. Sedangkan RJ 45 adalah sebuah konektor yang harus di pasangkan ke Kabel LAN agar bisa mendapatkan akses Internet. Namun, jika kalian masih awam dalam pembuatan kabel ini, kalian bisa membelinya yang precon atau sudah menggunakan konektor di kabel LAN tersebut.


4. Perangkat Komputer / Laptop

Jika beberapa alat di atas sudah disiapkan, sekarang kalian harus memiliki PC atau Laptop dengan speck yang standard saja. Laptop atau PC ini bertujuan untuk melakukan konfigurasi usaha hotspot yang akan kalian bangun.


5. Winbox

Nah, yang terakhir ini adalah WINBOX, Winbox adalah sebuah aplikasi yang fungsikan untuk melakukan konfigurasi pada Mikrotik. Kamu bisa mendapatkan Winbox ini secara gratis di situs mikrotik.com/winbox


Bagaimana Cara Pemasarannya ?

Dalam memasarkan usaha hotspot rumahan ini, ada beberapa contoh yang bisa kalian lakukan untuk bisa mendatangkan pelanggan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah halaman hotspot login yang memberikan informasi tentang jenis usaha, tarif yang diberikan, cara membeli voucher dan pastinya dilihat oleh pelanggan yang terhubung pada WiFi kamu.
  2. Cara tradisional yang bisa kalian lakukan adalah bisa langsung mantargetkan ke seseorang yang memiliki potensial, atau menmpelkan iklan ditiang listrik dan bisa juga membagikan brosur. 
  3. Bisa menjual voucheran ini dengan menitipkan ke warung kecil atau usaha cafe dengan sistem bagi hasil.
  4. Memberikan trial gratis selama 30 – 60 menit untuk satu hari dibulan pertama, hal ini ditujukan agar pelanggan bisa menguji kecepatan akses internet yang kamu jual.


Berapa Harga Dan Siapa Target Konsumen Kita ?

Harga yang diberikan bisa sesuai keinginan kalian, biasanya pemiliki usaha hotspot ini memberikan harga yang lebih murah dari paket data internet yang biasanya mereka beli. Misalnya :
  • Paket Harian : 3.000 – 10.000
  • Paket Mingguan : 10.000 – 25.000
  • Paket Bulanan : 30.000

Dengan begitu calon konsumen kamu akan membandingkan dengan paket data yang mereka beli, lebih murahkah atau lebih mahal. Kalian bisa menargetkan calon pembeli mulai dari Anak anak yang suka game hingga orang dewasa untuk mengerjakan pekerjaannya.

Nah, itulah beberapa tips bisnis usaha hotspot dengan modal kecil. Kalian bisa membangun usaha hotspot ini ditempat yang susah sinyal, pastinya akan mendapatkan banyak konsumen. 

Demikianlah artikel yang saya berikan kepada kalian semua, semoga artikel ini bermanfaat untuk membangun usaha kamu.

0 Response to "Tips Membangun Usaha HotsPot Rumahan Dengan Modal Kecil Awal Tahun 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel